Kenapa Manusia Masa Kini Terikat dengan Smartphone?




Smartphone? 

Selamat datang di postingan pertama gue di blog ini. Kenapa sih gue ngangkat topik ini menjadi yang pertama? Padahal kayaknya masih ada hal lain yang lebih penting di bidang teknologi, alasan gue ngangkat ini menjadi yang pertama ialah karena manusia pada era masa kini tidak dapat terlepas dari kebutuhan mereka untuk mengakses media sosial dengan cepat, makanya mereka tidak dapat terlepas dari smartphone mereka dalam jangka waktu yang lama, terlebih lagi ketika mereka sedang bosan dan tidak tahu ingin melakukan kegiatan lain. Yup, karena alasan yang simpel seperti itu makanya gue ngangkat topik ini agar kita bisa diskusi lebih lanjut.

Happy reading guys!

Coba perhatiin deh lingkungan di sekitar kalian, apakah kalian bisa melewati hari  kalian tanpa melihat ada orang yang tidak memegang smartphone mereka? Mungkin pas gue masih kecil itu masih mungkin, tapi sekarang? tidak mungkin kita melewati hari kita tanpa melihat seseorang mengakses smartphone-nya. Atau mungkin kalian juga termasuk dari orang-orang yang gak bisa meninggalkan smartphone kalian? Jika kalian merasa tidak tenang kalau tidak dapat menggunakan internet hanya dalam beberapa jam saja, mungkin kalian perlu merefleksikan diri sejenak.



Terlepas dari pertanyaan diatas, emangnya nggak ada apa manfaat baik dari smartphone? Mungkin gue kelliatan kayak nge-judge bahwa para pengguna smartphone itu buruk? 

Nggak kok, gue sendiri juga merasa gak nyaman ketika gua gabisa mengakses internet dalam sehari, jujur itu merupakan hal membuat gue frustasi ahahaha, namun gue sendiri menggunakan smartphone hanya untuk kebutuhan yang emang bener-bener gue butuhin dalam waktu instan. 

Jangan sampe kalian kalah smart dari smartphone  kalian sendiri, banyak kok hal produktif lainnya yang bisa kalian lakuin dibanding nge-scroll Instagram atau media sosial lainnya yang akhirnya tiap jam kalian refresh padahal kalian cuma ngeliat itu lagi-itu lagi. Akhirnya waktu kalian terbuang sia-sia. Sampe akhirnya baterai smartphone kalian abis dan saat ada orang penting yang ngehubungin kalian, eh kalian gabisa nerima pesan atau telpon dari mereka yang mungkin lagi membutuhkan kalian. Sampe-sampe kalian lupa, bahwa fungsi utama dari sebuah handphone adalah telpon dan sms. 

Emang era ini nggak mungkin deh kalo kalian gak bawa smartphone kalian, bahkan tukang ojek aja sekarang udah masanya punya hape jadi kebutuhan mereka buat nyari order. Banyak hal positif yang bisa kalian dapet dari membawa smartphone kalian kemana saja, ini nih contohnya : 

Mengabadikan momen-momen penting dan lucu dalam hidup kalian dengan smartphone kalian



Kalian kan gatau bakalan ada kejadian apa yang menimpa kalian dalam beberapa detik kedepan, makanya kalo ada momen-momen yang pas buat ngambil gambar, tinggal buka kamera deh di smartphone kalian.

Mencari alamat pas lagi nyasar

Yes! Fungsi yang satu ini emang penting banget kalo kalian lagi dijalan yang sepi atau males nanya orang, tinggal buka aplikasi yang menyediakan navigasi terus langsung cus deh ke tujuan.

Mengakses e-Banking dimanapun kapanpun




Siapa tau kalian mendadak kehabisan pulsa tanpa kalian ketahui, atau lebih canggih lagi udah banyak yang menggunakan teknologi tap-cash jadi kalo kebetulan kalian gabawa dompet dan kalian kelaperan, kan bisa tuh ke alfamart atau indomaret terdekat atau tempat-tempat lain yang melayani pembayaran serupa


Membuat grup belajar

Pastinya yang ini adalah fungsi yang penting banget buat para pelajar biar tau update tugas pas kita kebetulan lagi sakit atau izin. Asal jangan dipake buat nyontek pas ulangan aja ya guys!!

Mengerjakan atau mengedit dokumen pas lagi gabawa laptop



Kalo tugas kalian di-upload ke cloud kalian, jadinya kan kalian bisa ngedit dokumen langsung saat itu juga, apalagi kalo sekalian buat review bahan presentasi kalian.

Dari beberapa hal positif yang sebenernya masih banyak lagi, sebenernya jika kita terlalu ketergantungan ke smartphone kita, itu bakal jadi hal yang sangat buruk guys! Contoh dari dampak negatif karena kita gabisa ngontrol penggunaan smartphone kita : 

Menjauhkan yang dekat 



Sering banget pas kita lagi ngumpul sama temen-temen kalian, eh malah pada asik sendiri mainan smartphone-nya. Padahal momen-momen kayak gitu harusnya kalian taroh smartphone kalian dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar kalian. Apalagi pas kalian lagi di meja makan sama orang tua kalian eh kalian malah sibuk sendiri, jauh dari lubuk hati orang tua kalian sebenernya mereka itu pengen lebih deket ke kalian, cuman malah sibuk sendiri ngurusin yang jauh dari kalian.

Akses pornografi yang lebih mudah

Yup, buat yang satu ini kayaknya gue gaperlu jelasin lagi deh, ga ada dampak positifnya bagi kalian yang nikmatin hal ini. Akhirnya kalian buang-buang waktu kalian buat waktu yang gak bermanfaat kalo kalian terlarut dalam hal yang satu ini.

Ngabisin duit buat hal yang gak begitu penting 



Akses ke media sosial yang mudah membuat kalian jadi pengen tau terus-menerus hal-hal yang sebenernya gak begitu penting buat kehidupan kalian. Kuota kalian yang masih mahal di Indonesia bakal ngegrogotin dompet kalian, walaupun udah banyak orang-orang yang jualan paket data murah. Terlebih lagi akses yang mudah ke online shop bikin banyak orang jadi berprilaku konsumtif. Secara gak sadar mereka termakan iklan dan ngebeli barang-barang yang gak penting karena akses yang mudah untuk membelinya.

Bikin jadi manusia yang malas


Hati-hati guys, kalo buat yang satu ini sudah pasti teknologi yang terlalu memanjakan kalian bakal buat kalian malas-semalas-malasnya. Dan ini bener-bener terjadi di diri gue sendiri. Karena terlalu canggih dan mudah untuk mendapatkan yang kita mau, kita jadi beranggapan bahwa berusaha sedikit lebih keras adalah hal yang sulit, padahal jika kita mau berusaha bisa jadi kita bisa melakukannya.

Smartphone sebelum tidur




Nah, kalo yang inisih pasti sering banget dan udah jadi kebiasaan kalian dan gue pun masih agak sering ngelakuin hal ini, dimana masih mainan smartphone dengan lampu mati diatas kasur sebelom tidur. Padahal dengan kalian nge-scroll sebelom kalian tidur, akan berdampak ke kualitas tidur kalian dimana para ahli menyarankan menjauhkan mata kalian dari pancaran layar smartphone kalian 1 jam sebelum kalian tidur, dengan begitu mata sudah diistirahatkan lebih awal dan bersiap untuk tidur yang berkualitas.


Dampak yang smartphone berikan kepada kalian itu balik ke diri kalian masing-masing, apakah kalian bisa melihat manfaat bisa kalian gunakan untuk mempermudah hidup kalian. Inget ya, mempermudah, jangan karena mudah membuat kalian ketergantungan terhadap smartphone kalian. Ada baiknya kalian mematikan smartphone kalian pada waktu tertentu, berinteraksilah dengan dunia sekitar kalian, toh orang dahulu bisa bahagia kok walaupun tanpa koneksi internet. Banyak cerita-cerita asik dari temen kalian kalo kalian lebih sering ngobrol secara langsung dengan mereka, jangan karena kamu butuh mereka kamu baru ngontak mereka.




Duh kenapa jadi ceramah gini gue hehehehe.

Sebenernya masih banyak lagi hal-hal yang smartphone berikan kepada manusia di kehidupan sehari-hari. Tapi kayaknya bahasan ini udah mulai panjang deh hehehe, jadinya ada baiknya kita lanjutin lain waktu. Semoga bahasan kali ini dapat bermanfaat bagi kalian dan gue pengen diskusi lebih lanjut dengan kalian, silahkan kalo punya pendapat bisa comment di kolom komentar atau kalau mau lebih personal kalian bisa ngontak gue di media sosial gue, letaknya di bagian atas page ini.

Thanks for your attention, see you later guys!!

Comments