Laptop Gaming Super Tipis? ASUS ROG Zephyrus ( GX-501 )

Source : rog.asus.com

ASUS ROG Indonesia kemarin baru ngerilis gaming laptop ASUS ROG Zephyrus ( GX-501 ) lebih tepatnya tanggal 15 Agustus 2017 pada event The Edge of Beyond, di Pullman Hotel, Jakarta. Laptop gaming yang satu ini keluar dengan desain yang gak terlalu gaming banget dan sangat tipis mirip dengan ultra book, namun mempunyai spesifikasi yang baik didalamnya. Bener-bener beda dari desain laptop gaming pada umumnya yang menampilkan kesan sangarnya dari luar. Selain itu GX501 juga dilengkapi dengan beberapa fitur menarik yang gak kalian dapetin dari laptop gaming lainnya. 

General Specification 
  • Windows 10 Pro
  • Intel Core i7 7700 HQ
  • DDR4 2400MHz SDRAM 16 GB (1 slot) / 24 GB (no slot)
  • NVIDIA GeForce GTX 1080 Max-Q Design, 8 GB GDDR5 VRAM
  • Intel HM 175 Chipset
  • 256 GB / 512 GB / 1 TB SSD
  • 15,6" (16:9) LED backlit Full-HD (1920x1080) 120 Hz Anti-Glare Panel, 72% NTSC, G-Sync
  • Built-in Stereo 2 W Speakers & Array Microphone
  • Illuminated Chiclet Keyboard
  • USB 3.1 GEN2 Thunderbolt
  • HDMI 2.0
  • 4 Cells 50 Wh Polimer Battery
  • 37,9 x 26,2 x 1.69 - 1,79 cm ; W x D x H
  • 2,2 kg with battery
  • VR Ready
Untuk spesifikasi lebih lengkap, bisa kalian cek di website resmi ASUS ROG Zephyrus ( GX-501 ).

Design

Zephyrus GX-501 menawarkan desain yang bener-bener inovatif, laptop gaming yang tipis membuat kita lebih mudah membawanya dengan panjang 37,9 cm dan tebal 1,7 cm yang mana lebih tipis dari laptop gaming lainnya, bahkan dari laptop tradisional pada umumnya. Berat dari GX-501 hanya 2,2 kg dan dilengkapi dengan hardware yang mumpuni, sangat portable buat kalian bawa ke mana-mana dan tidak memenuhi backpack kalian. 

Bodi dari GX-501 menggunakan alumunium alloy dengan finishing yang baik, sangat elegan dan. Seperti yang kalian ketahui, bahan metal mempunyai distribusi panas yang baik dan pastinya sangat kokoh jika menerima benturan dari sisi samping laptop.

Teknologi Active Aerodynamic System membuat GX-501 mampu mendistribusikan panasnya dengan cara yang mengagumkan. Saat kita membuka LID Cover, bagian bawah laptop akan terangkat setinggi 6 mm untuk menciptakan ruang pembuangan panas dibagian bawah laptop. Dengan adanya ruang tersebut, suhu dari CPU dan GPU dapat turun sekitar 10°C. Teknologi ini juga memberikan kesan futuristik saat kita memakainya. GX-501 juga dapat digunakan dengan kondisi ruangan tanpa AC.


Source : rog.asus.com

Selain itu, teknologi terbaru dari NVIDIA yaitu Max-Q membuat desain dari GX-501 memungkinkan untuk punya desain yang tipis saat membawa GeForce GTX 1080, membuat internal laptop lebih kecil mulai dari chip, driver, cooling system, komponen listrik, dan masih banyak lagi.

Desainnya yang tidak terlihat gaming banget juga cocok buat kalian yang ingin terlihat low profile dari luar, tapi tetep menjaga performa untuk gaming experience kalian. Namun, jangan sekali-kali mencoba untuk menekan bagian belakang laptop dan pastikan tidak ada beda yang nyelip ketika kalian ingin menutup laptop, karena bagian mengangkat akan mudah patah.

Keyboard

Keyboard dari GX-501 juga sudah RGB LED yang bisa kalian gonta-ganti sesuai keinginan kalian, berbeda dengan kebanyakan laptop gaming lainnya yang dominan warna merah, fitur lainnya ialah 30 keys roll over, dan ASUS mengklaim bahwa setiap key-nya mampu bertahan hingga 20 juta klik. Sensasi clicky dan 1.4 mm key travel membuat keyboard ini cukup nyaman dan akurat ketika digunakan untuk mengetik dan bermain game. Penempatan keyboard yang sangat dekat dengan ujung bodi membuat kita tidak mempunyai palm rest saat menggunakannya, setidaknya dalam paket pembeliannya tersedia palm rest terpisah. 


Source : IDG/Gordon Mah Ung

Letak touchpad yang terletak di sisi kanan keyboard, lebih enak ketimbang peletakan touchpad yang ada di bagian tengah. Apabila kita menginginkan numpad, satu tombol sudah cukup untuk merubah touchpad menjadi numpad digital. Numpad dengan tampilan berwarna merah ini juga responsif, sayangnya warna bagian touchpad ini tergolong kecil dan tidak tersinkron dengan RGB keyboard. Tapi menurut gue gapapah sih karena touchpad ini juga tidak digunakan ketika sedang bermain.


Source : computershopper.com

Hardware

Dilengkapi Core i7-7700 HQ, NVIDIA GeForce GTX 1080, RAM 16 GB / 24 GB DDR4, dan NVMe SSD, GX-501 sangat menyokong produktivitas dan kebutuhan gaming kalian. Ditambah dengan display yang memiliki refresh rate 120 Hz membuat performa yang diberikan oleh GX-501 sangat mengagumkan ketika kalian gunakan untuk memainkan game-game berat kalian karena kalian akan disuguhkan fps yang tinggi. 
Terdapat 2 pilihan kapasitas RAM yang tersedia saat kalian membeli, apabila kalian memilih RAM 16 GB, kalian masih diberikan 1 slot untuk upgrade. Kalo kalian lebih memilih RAM 24 GB, tidak ada slot untuk upgrade RAM kalian. Selain itu, GX-501 juga tidak dilengkapi slot untuk SATA HDD, namun kalian akan diberikan 256 / 512 GB atau 1 TB NVMe PCI SSD. 

Teknologi Max-Q juga membuat performa dari GX-501 meningkat dengan memberikan GPU daya lebih besar, namun daya yang besar cenderung membuat laptop pada umumnya panas saat mengetik dan memiliki fan berisik saat pemakaian. Hal itu takkan terjadi, karena cooling system yang baik membuat GX-501 tidak panas saat kalian mengetik ditambah fan yang tidak berisik. Laptop lain yang sudah menggunakan teknologi ini ialah Clevo P950HR dan MSI GS63.

Display & Audio

Layar 15,6 inci Full HD (1920 x 1080) wideview dengan refresh rate 120 Hz didukung NVIDIA G-Sync, untuk mengatasi screen tearing. Menurut gue ini adalah pilihan yang baik dengan mengombinasikan layar 1080 dan refresh rate 120 Hz dimana saat kalian mainkan tanpa tercolok adapter tidak menghasilkan gambar yang patah-patah dan gambar tetep terasa smooth saat kalian bermain game. 
Source : rog.asus.com

Zephyrus GX-501 memiliki 2 speaker yang terletak di kedua sisi keyboard. Suara yang dihasilkan oleh speaker terdengar sedikit pecah walaupun sudah menggunakan teknologi khusus untuk menyesuaikan suhu dan beban yang diproses laptop.


Source : computershopper.com

I/O Port

Port yang terdapat dibagian bodi lumayan lengkap dengan 4 buah USB 3.1 dan USB 3.1 Gen2 Type-C Thunderbolt. Kalo kalian pengen pake TV sebagai display, HDMI 2.0 udah support buat 4K TV dengan refresh rate 60 Hz. 

Source : rog.asus.com

Sayangnya GX-501 kehilangan port untuk card reader. Jadi buat kalian yang biasanya mau mindahin foto dan video dari SD Card harus memiliki external card reader.

Battery 

Baterai menjadi permasalahan utama dari GX-501, memiliki segala hardware dan performa yang memukau, baterai hanya bertahan sekitar 2 jam lebih ketika running beberapa aplikasi bersamaan dan mematikan backlit keyboard. Hal itu membuat kita mempunyai batasan waktu untuk menggunakan laptop ini, tapi seenggaknya 2 jam adalah waktu yang cukup buat kita melakukan presentasi saat ada meeting di luar.


Source : IDG/Gordon Mah Ung

Conclusion

ASUS ROG Zephyrus ( GX-501 ) memaksimalkan teknologi Max-Q dengain desain yang sangat tipis dan menakjubkan. Kombinasi antara display dan GeForce GTX 1080 juga sangat memanjakan mata saat bermain. Kalian bisa mendapatkannya di Indonesia dengan harga senilai IDR 50.299.000 untuk seri GX-501VI. 

Tapi harganya yang lumayan mahal dan sepertinya kalian juga membutuhkan PC tambahan di rumah, mengingat kapasitas baterainya yang sangat terbatas. Tapi untuk mengganti PC dirumah yang bisa digunakan saat kalian pergi untuk melakukan task dalam waktu singkat, GX-501 mempunyai performa yang sangat baik sebagai pengganti PC sementara. 

Oke sekian postingan gue, kalo ada yang diskusi lebih lanjut silahkan isi di kolom komentar. Terima kasih atas perhatiannya.

See you later guys !



Comments